Selasa, 03 Februari 2015

Pesona Alam jalan Gunung Singgah Mata

Suasana berkabut di puncak Singgah mata, Nagan raya
 pada siang hari/mat.(17/10/2014)

Nagan Raya- Hawa dingin sigap menjalar hingga ke tulang-tulang, udara dingin bercampur kabut mengeksplorasi kekaguman akan keindahan puncak Singgah Mata.



Jalan menujuk Puncak gunung Melalui jalan lintas Jeuram-Takengon tersebut berada di kawasan , Kecamata Beutong Ateuk Banggalang, Kabupaten Nagan Raya,  Kabupaten Nagan Raya. Provinsi Aceh

Pesona alam yang di sungguhkan dari puncak singgah mata kampung Betong Ateuh sangat menarik perhatian siapapun yang melewati jalan lintas tersebut dan bagi para penghobi pertualangan sendiri, puncak singgah mata menjadi salah satu tujuan bagi mereka yang dengan sengaja berkendara untuk mencapai puncaknya.

jalan betong Ateuh/mat
Layaknya seorang pemuda ini yang bernama Raveloe berasal dari Nagan Raya. Mengaku sering berkendara ke puncak singgah  mata bersama teman-temannya, walau hanya sekedar menghabiskan waktu melihat pemandangan nagan raya dari atas puncaknya dan merasakan hawa dingin maupun kabut yang sering menutupi puncak ini kala hujan maupun sore hari yang membawa ketenagan tersendiri bagi dirinya (17/10/2014)

"kalau cuaca cerah, dari sini kita dapat melihat kota Nagan Raya maupun Melaboh, walaupun cuaca mendung pucak ini punyai keindahan tersendiri karena pemandangan kabut tebal menyebar di setiap lereng gunung menutupi kami," ujar ravelo saat berbincang-bincang sambil menghangatkan diri bersama pengendara lainya di pos puncak singah mata yang terlihat sengaja dibangun untuk pengendara yang ingin melepas lelah setelah jauh menanjak menuju puncaknya.

Menurut ravelo, Setelah siang, cuaca di pengunungan ini memang sering hujan, sehingga pemandangan di bawah gunung tidak tampak terlihat dari atas puncak, tertutup kabut.

Bagaimana tidak, gunung di wilayah betong ateuh sendiri memiliki ketinggian lebih dari 2000 Mdpl (Meter diatas Permukaan Laut), sehingga ketingian tersebut membuat udara di pengunungan yang juga masuk ke dalam hutan lindung louser ini sangat dingin hingga mampu membuat tubuh mengigil.

Selain panorama alamnya, daerah tersebut juga terkenal dengan batu giok yang tersebar di pengunungannya, di antara dinding tebing jalan setelah melewati krueng isip, awal jalan mendaki dari arah Nagan raya tersebut, anda juga akan melihat bebatuan giok yang berwarna-warni. Di tempat inilah giok Aceh sedang di gandrungi pencinta batu di dapat.
pemandangan puncak singgah mata/mat

Meskipun begitu pemburuan giok tanpa terkendali tersebut bisa saja merusak keindahan alam di pengunungan ini yang di rasakan dapat menjadi nilai jual panorama alamnya sebagai objek wisata, seperti Arung jeuram di sungainya kaki gunungnya, paralayang maupun pemandangan alam yang tersungguhkan dari gunung di kabupaten tersebut yang dapat menarik wisatawan lokal maupun manca negara untuk datang.

Dan bagi anda yang belum pernah melewati jalan ini dan dan ingin bertualang dengan berkendara dengan sepeda motor, di harapkan dapat memakai jaket dan jas hujan yang memadai, karena udara di wilayah ini sangat dingin sampai menusuk ke dalam tulang tubuh, selamat menikmati pertualangan anda.

                                                                                      Melaboh, 20 oktober 2014


Tidak ada komentar:

Posting Komentar